Tiga Kesempatan Berbeda Menonton Pertandingan Langsung di Kandang Tim yang Berlaga

Masih bertema Piala Dunia 2018, tulisan ini akan membahas rejeki lain yang di dapat sepanjang perjalanan. Pertama, memang tujuan saya dan teman-teman adalah menonton pertandingan Piala Dunia langsung di Rusia. Namun tanpa disangka kami malah diberikan rejeki lebih dengan berkesempatan menonton pertandingan negara-negara yang kebetulan kotanya sedang kami kunjungi, langsung dari “rumahnya”.

Bermula dari sesampainya kami di Warsawa, Polandia pada 24 Juni 2018 lalu. Saat itu tanpa disangka Polandia juga akan tanding di hari yang sama. Kami menyadari hal itu ketika sesampainya di halte bus dan selepas meletakkan barang-barang di luggage room, kami melewati stand penjaja Dunkin Donuts.

Terpampang tulisan “buy 6 donuts, gratis another 6 donuts on the match day”. Penasaran dan tertarik terutama pada donat-donat berlambang bendera Polandia dan berhiaskan lapangang sepak bola, kami pun mendekati stand tersebut. Ternyata benar, malam itu, Polandia akan berhadapan dengan Kolombia.

img_0575.jpg

Donat bertema Piala Dunia, Warsawa, Polandia.

Salah seorang teman perjalanan saya mengetahui bahwa ada tempat outdoor yang biasa dijadikan warga Polandia lokasi nonton bareng Piala Dunia tidak jauh dari halte bus. Fan zone tersebut bernama Plac Europejski atau European Square. Dengan bangku-bangku pantai dan layar besar, para penikmat Piala Dunia akan menemukan kenyamanan di tengah kota Warsawa.

Hari itu pula, saya menyaksikan warga Polandia yang bermuram durja. Bukan hanya karena Polandia kalah, tapi juga pupusnya kesempatan Polandia melanjutkan ke babak – 16 besar.

Bergeser ke kota selanjutnya, pada 1 Juli 2018, saya sedang berada di kota Moscow. Sore itu, saya dan teman-teman sedang mengunjungi Museum of Cosmonautics. Pesimis rasanya mengharapkan bisa menonton pertandingan Spanyol vs Rusia kala itu karena posisi kami tidak memungkinkan.

Ternyata, Allah SWT punya cerita lain. Di dalam museum terdapat Cinema Hall yang biasa dijadikan tempat memutar film-film bertema cosmonautics yang ternyata pada hari itu berubah menjadi tempat nonton bareng dadakan. Kami pun bergegas mengambil tempat dan ikut menonton pertandingan.

2018-07-01-18_22_07-532.jpg

Nobar Rusia vs Spanyol di Cinema Hall, Museum of Cosmonautics

Lepas babak pertama, museum memasuki jam tutup. Saya dan teman-teman segera bergegas menuju Red Square untuk mencari tempat menonton kelanjutan pertandingan yang sedang sengit-sengitnya.

Keputusan tepat, karena sesampainya kami di sana, perpanjangan waktu 15 menit kedua baru akan usai. Lepas babak drama penalti, kami pun menyaksikan warga Rusia bersuka cita atas keberhasilan tim Rusia melenggang ke babak – 8 besar. Red Square bergemuruh, semua orang tumpah ke jalan, mobil-mobil di jalanan berlomba membunyikan klakson, bendera Rusia berkibar di seluruh penjuru pusat kota.

Suasana yang sulit digambarkan, dari menikmatinya hingga lelah dikerubungi ratusan bahkan mungkin ribuan orang. Hingga akhirnya kami memilih meninggalkan pusat kota dan pulang ke hostel.

Processed with VSCO with c1 preset

Red Square, Moscow, pasca kemenangan Rusia atas Spanyol.

Terakhir, 7 Juli 2018. Di hari terakhir perjalanan liburan kali ini, kami sedang berada di Stockholm, ibukota Swedia. Kebetulan, Swedia siap berlaga dengan Inggris di babak delapan besar. Meski hanya sempat menonton babak pertama karena kami harus segera bergegas ke bandara, namun suasana riuh rendah warga Swedia yang siap mendukung tim nasionalnya bertanding sore itu tidak terelakkan.

Sejak siang sekitar pukul 1 waktu Swedia, seluruh transportasi dalam kota sudah dipenuhi dengan pendukung Swedia berbaju kuning. Begitu pun di jalan-jalan di pusat perbelanjaan. Meski akhirnya Swedia takluk 0 – 2 atas Inggris, namun ada sesuatu yang menarik.

Sehari sebelumnya, kami sedang menikmati pusat kota Stockholm dan bersiap nonton bareng pertandingan Brasil vs Belgia. Namun sepanjang perjalanan sangat sulit menemukan tempat nobar. Ada beberapa restoran dengan tv yang sudah tampak sesak, namun selebihnya restoran dan kafe terlihat santai tanpa kericuhan para penonton setia Piala Dunia.

Kami sempat berpikir mungkin tidak banyak nobar yang diselenggarakan di Stockholm atau warganya lebih memilih menonton di rumah. Jelas ini hanya asumsi belaka tanpa dilandasi fakta yang kuat. Namun nyatanya, di hari Swedia akan bertanding, suasana kota mendadak berubah total.

2018-07-07-15_57_19-481.jpg

Rombongan pendukung Swedia sebelum pertandingan Swedia vs Inggris, Stockholm, Swedia.

Para penonton Piala Dunia memadati jalan dan suasana menjadi semarak. Bahkan ada beberapa restoran yang menyediakan menu khusus saat match day. Pada satu kesempatan, kami malah sempat melewati antrian panjang yang mengular penonton berbaju kuning-kuning hendak memasuki suatu gedung.

Suasana semarak tersebut bertambah manis dikenang karena kami berkesempatan merasakan nuansa dan semangat warga yang siap mendukung tim nasionalnya hendak berlaga di ajang sepak bola paling bergengsi sejagat raya. Meski warga Indonesia merupakan pecinta bola, mungkin suasana seperti ini sulit dicari mengingat belum adanya kesempatan tim nasional kita berlaga di Piala Dunia.

Pengalaman ini mungkin terkesan biasa, tapi percaya lah jika kamu menikmati Piala Dunia dan ajang sepak bola bergengsi lainnya, ada syukur yang tak putus dapat membaur dengan ratusan penonton lainnya terutama bersama mereka yang siap mendukung tim nasionalnya berlaga.

Ada semangat yang membara, harap yang tinggi dan semarak yang gegap gempita. Kenangan lain yang pantas mendapat tempat khusus di ingatan, patut disyukuri dan diabadikan, salah satunya lewat tulisan ini.

IMG_0580

Bersiap nobar di European Square, Warsawa, Polandia.

Stockholm, 7 Juli 2018. – NDN.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s