Hingga akhirnya mengantongi tiket Piala Dunia 2018

Masih menyambung tulisan sebelumnya. Saya akan mencoba menjabarkan proses pembelian tiket dan pengurusan dokumen penunjang Piala Dunia 2018 di Rusia kali ini.

IMG_1302

Tiket pertandingan Jepang vs Polandia, Group H Match, Volgograd Arena, Rusia, 28 Juni 2018.

Semua bermula di November 2017 lalu. Saat itu sepanjang periode 16 – 28 November 2017, melalui website resmi FIFA dibuka lah gelombang “First Come First Served” pertama. Antrian dibuka pada pukul 09.00 BST (karena saya memang tinggal di Leeds, jadi waktunya saya sesuaikan dengan tempat saya berada). Setelah masuk dalam antrian, saya harus menunggu sekitar 3 jam untuk bisa mengakses laman pembelian tiket.

Screenshot (2)

Antrian yang terpampang saat mengakses laman pembelian tiket World Cup 2018

Perlu diingat saat berniat membeli tiket pertandingan, kita sudah harus memiliki akun di website resmi FIFA. Setelahnya tinggal log in dan mengikuti arahan sebagaimana yang tertera pada website.

Namun rejeki ternyata tidak berpihak pada saya. Saat saya berhasil mengakses laman pembelian, tiket yang tersisa tinggal kategori 1 dan 2 yang mana jauh di atas budget saya. Sayangnya, saya tidak bisa ingat berapa harga tiketnya saat itu.

Peruntung kedua pun saya lakukan dengan mengikuti “Random Selection Draw” fase kedua periode 5 Desember 2017 – 31 Januari 2018. Prosesnya adalah kita tinggal memilih pertandingan yang ingin kita tonton, lalu melakukan request. Nantinya FIFA akan mengumumkan apakah kita mendapatkan tiket yang kita ajukan. Setelah itu baru pembayaran akan dilakukan dengan langsung menarik dana dari rekening tabungan yang sudah kita daftarkan.

Lagi, rejeki belum berpihak pada saya. Kala itu saya mengajukan request untuk Match ke – 51 yang jika dilihat sekarang adalah pertandingan Spain vs Russia di Moscow pada babak 16 besar lalu.

Saya tidak putus semangat. Memasuki periode 13 Maret – 3 April 2018, FIFA kembali mengadakan “First Come First Served” fase kedua. Saya dan teman-teman pun mencoba peruntungan sekali lagi.

Kali ini rejeki berpihak pada kami. Setelah mengantri sekitar 2 jam dan menunggu dengan cemas, akhirnya kami berhasil mengantongi tiket kategori 3, Jepang vs Polandia untuk tanggal 28 Juni 2018 di Volgograd Arena. Harga tiket sendiri adalah 115 USD atau sekitar 72 GBP.

Rencana awal kami memang mengincar pertandingan di kota Moscow atau St. Petersburg sehingga akan meminimilasir budget perjalanan ke kota lainnya. Namun persaingan untuk kedua kota tersebut sangat ketat. Sehingga sebagai gantinya kami menghemat biaya akomodasi selama perjalanan dan memilih menghabiskan waktu di perjalanan selama trip kali ini.

Setelah tiket berhasil dikantongi. Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuat FAN ID. Hanya saja, pada tahap ini kami sedikit lengah. Mengingat waktu yang bertepatan dengan libur musim semi. Kami semua sibuk menikmati liburan dan meninggalkan kewajiban untuk membuat FAN ID.

Screenshot (3)

Website untuk pembuatan FAN ID

Kebutuhan membuat FAN ID ini berkaitan dengan kemampuan untuk memilih dan mereservasi tiket transportasi gratis antar kota di Rusia dari FIFA. Singkat cerita, kami baru membuat FAN ID sekitar akhir April 2018.

Pembuatan FAN ID terhitung mudah. Kita tinggal mengakses website FAN ID, lalu memasukkan nomer tiket pertandingan yang sudah kita miliki kemudian mengisi data diri pada kolom-kolom yang tersedia. FAN ID ini juga berlaku sebagai visa Rusia bagi warga internasional.

Sebagai informasi, visa Rusia berbeda dari Schengen. Meski terletak di kawasan Eropa namun untuk berkunjung ke Rusia kita membutuhkan visa tersendiri. Proses pengajuan visanya sendiri (dari UK) memakan waktu sekitar 1 bulan dengan biaya 90 USD. Selain itu, bagi warga negara Indonesia hanya dapat mengajukan visa single entry. Sehingga pilihan ini cukup menguras isi kantong.

Untungnya, FIFA memberikan solusi dengan mengeluarkan kebijakan FAN ID. Halaman depan FAN ID berbentuk seperti tanda pengenal pada umumnya, dengan nama dan foto diri. Sedangkan pada halaman belakangnya terdapat visa resmi Rusia bagi sang pemilik data diri.

Keuntung lainnya memiliki FAN ID adalah kita bisa melakukan multiple entry ke Rusia sepanjang 5 Juni – 25 Juli 2018 (atau selama World Cup berlangsung ditambah 10 hari di awal dan 10 hari di akhir).

Imbas dari keterlambatan membuat FAN ID, transportasi gratis antar kota yang kami incar dari Moscow – Volgograd sudah full booked. Kami pun menunggu hingga akhir Mei 2018, berharap ada penonton yang membatalkan tiketnya sehingga tersisa kursi kosong bagi kami. Namun, karena tak ada tanda-tanda menjelang awal Juni 2018 kami pun memutuskan membeli tiket kereta sebagai salah satu alternatif termurah ke Volgograd.

Tiket kereta kami beli melalui website resmi perusahaan kereta api milik negara Rusia atau RZD Russian Railways. Mengingat perjalanan memakan waktu sekitar 24 jam, kami memutuskan membeli tiket dengan tempat tidur seharga sekitar 30 GBP.

Kelar urusan transportasi, dibutuhkan waktu sekitar 1  – 2 minggu hingga akhirnya FAN ID sampai ke rumah. Pilihan lainnya, FAN ID bisa diambil di FAN ID Center yang tersebar di seluruh kota pertandingan di Rusia. Namun mengingat FAN ID ini merupakan visa untuk masuk ke Rusia maka kami memilih dikirim ke rumah. Tanpa biaya tambahan.

Sedangkan untuk tiket pertandingannya sendiri juga dikirim ke rumah dan baru tiba di awal Juni 2018 lalu. Keduanya harus dibawa serta kemana pun kita berada saat masuk ataupun berada di Rusia.

Masih banyak keuntungan yang bisa didapat dari penggunaan FAN ID. Tapi akan diceritakan dalam tulisan selanjutnya ya. Meski Piala Dunia 2018 sudah sisa beberapa pertandingan, semoga tulisan ini cukup memberikan gambaran jika kalian berencana membeli tiket Piala Dunia 2022 di Qatar.

Pelajaran dari semuanya, sebaiknya mencari informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu sebelum fase pembelian tiket dibuka. Setelah itu, banyak membaca dan mencari tahu kebutuhan penunjang lainnya. Mulai dari visa, tiket transportasi hingga akomodasi. Sebagai gambaran, hampir semua tiket transportasi dan akomodasi di Rusia terutama di kota-kota yang menyelenggarakan pertandingan, harganya naik 2 – 3 kali lipat dari harga biasa.

Maka ada baiknya perjalanan disusun dari jauh hari. Semakin cepat perencanaan dilakukan, maka eksekusi membeli tiket dan menyewa hotel atau airbnb bisa dilakukan dengan segera. Tidak sedikit para penonton asing yang kehabisan tiket transportasi antar kota atau harus membayar berkali lipat demi tempat tinggal. Tentunya lebih hemat akan lebih baik kan?

32A7723B-535F-4AB3-8710-A0606116BBB1

FAN ID

Saint Petersburg, 4 Juli 2018. – NDN.

Berikut link tiket FIFA, pembuatan FAN ID dan tiket kereta antar kota Rusia:

FIFA: https://www.fifa.com/worldcup/

FAN ID: https://www.fan-id.ru/

RZD: http://www.rzd.ru

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s