Manisnya Coklat dan Kota York

York. Sebuah kota yang terletak di bagian Timur Laut Inggris ini merupakan salah satu destinasi favorit pelajar Leeds. Selain jaraknya yang terbilang dekat, tiket kereta ke York terhitung ramah di kantong mahasiswa. Sedikit gambaran, dari Leeds Train Station ke York Train Station berdasarkan keterangan Google berjarak 383,02 km atau sekitar 23,8 miles.

WhatsApp Image 2018-05-02 at 13.02.00 (1)

Pemandangan saat berjalan dari York Station ke York Minster

Biasanya mahasiswa dengan keanggotan railcard hanya perlu membayar kisaran £3 – £5 untuk sekali perjalanan (semua bergantung waktu keberangkatan). Bahkan ketika perjalanan ke kota lain harus dibeli jauh hari untuk mendapatkan harga yang lebih murah, ke York hal tersebut nyaris tidak perlu dilakukan. Walau bukan tidak mungkin terjadi hal-hal anomali seperti saat harga tiket berada di atas kisaran £7 untuk sekali jalannya atau ketika tiket kereta nyaris penuh di setiap keberangkatan.

Ditambah lagi, perjalanan ke York hanya memakan waktu kurang lebih 30 menit. Sehingga tidak perlu bangun terlalu pagi untuk bisa menikmati hari di York.

Meski tidak bisa dipungkiri, ada nilai lain yang harus dibayar dengan mudah dan murahnya perjalanan ke York. Tempat-tempat menarik untuk dikunjungi seperti York Minster, York Castle, Yorkshire Museum, York’s Chocolate Factory dan Jorvik Viking Centre memiliki tarif tiket masuk yang biasanya mayoritas museum di UK free of charge. Sehingga biasanya dijadikan alternatif adalah mengunjungi tempat-tempat tersebut dan hanya berfoto di bagian luarnya.

WhatsApp Image 2018-05-02 at 13.02.03

York Castle

Untuk Yorkshire Museum memiliki area taman yang cukup luas di bagian depannya, jika sudah sampai di sana tidak ada ruginya berhenti sesaat, membeli kopi atau coklat hangat dan bersantai di sudut taman. Pemandangannya menenangkan khas taman dan bangunan-bangunan Britania Raya.

Satu yang terngiang pasti saat berkunjung ke York, wangi coklat yang menguar di udara dengan mudahnya tercecap oleh indera penciuman. Hal ini terhitung wajar karena disepanjang city centre York, mata kita akan dimanjakan dengan deretan toko-toko yang menjual coklat dan makanan manis lainnya.

WhatsApp Image 2018-05-02 at 13.02.01

Jika menilik dari keterangan yang dimuat di laman York’s Chocolate Factory, disampaikan bahwa jika mayoritas kota-kota bagian Utara Inggris dikenal sebagai penghasil wol, kapas dan baja maka York menjadi satu-satunya kota yang menjadikan coklat sebagai tulang punggung perekonomiannya (York’s Chocolate Story).

Salah satu merk coklat no. 1 di York adalah Rowntree’s yang berjaya di awal tahun 1920-an. Setahun setelahnya dikenal sebagai masa kejayaan coklat di York dengan hadirnya beberapa merk coklat terkenal di bawah Rowntree’s seperti Black Magic Blackbox (1934), KitKat (1935), Aero (1935), Dairy Box (1937), dan Smarties (1937) yang waktu itu membawa coklat menjadi icon penting kota York (YorkMix, 2014). Beberapa nama coklat tersebut tentu tidak lagi asing di telinga kita hingga saat ini.

Pastikan, ketika berkunjung ke York untuk membeli coklat atau setidaknya membeli makanan manis untuk menuntaskan selera yang sudah terusik sejak melangkah keluar dari stasiun kereta York. Salah satu daerah yang banyak memberikan pilihan coklat di York adalah Shambles.

Selain membeli coklat, bagi pecinta Harry Potter mungkin akan menemukan surga kecil di beberapa toko di ujung jalan Shambles yang menjual aksesoris beratribut sang penyihir kebanggaan UK tersebut. Salah satu toko yang menjadi incaran turis yang berkunjung ke York adalah The Shop That Must Not Be Named. Konon berdasarkan penuturan seorang teman yang menyukai Harry Potter nama ini mengingatkan ia pada Lord Voldemort yang dikenal sebagai He Who Must Not Be Named. (Sebagai disclaimer, saya bukan lah penggemar Harry Potter bahkan belum pernah sekali pun menonton film atau membaca buku Harry Potter hingga tuntas).

WhatsApp Image 2018-05-02 at 13.01.59 (1)

The Shop That Must Not Be Named, Shambles York

Biasanya ketika berkunjung ke toko tersebut, saya selalu menyempatkan melirik toko teh disebrangnya. “Hebden Tea Company” namanya. Setiap harinya mereka menawarkan dua hingga tiga rasa teh yang bisa dicicip secara gratis. Jika ingin membeli segelas pun harganya cukup terjangkau yakni sekitar £1,20 – £1,50. Bagi pecinta teh juga bisa membeli dalam ukuran lebih banyak dengan hitungan per gram.

Informasi lainnya yang banyak disampaikan oleh teman-teman penggemar Harry Potter, Shambles adalah kawasan yang menjadi inspirasi dari terciptanya Diagon Alley yang tersohor (BBC UK, 2017). Jadi, jangan heran kawasan sempit sarat toko ini akan semakin penuh sesak dengan jejeran orang-orang yang berlomba foto di lorongnya yang mirip Diagon Alley ini.

WhatsApp Image 2018-05-02 at 13.01.59

Shambles, York

Bagi mereka yang mungkin seperti saya (walau kemungkinannya begitu kecil), bukan penggemar Harry Potter, tempat ini sangat cantik dan menarik untuk dikunjungi. Ditambah lagi, kita bisa melanjutkan perjalanan ke Shambles Market York. Kawasan pasar ini menjajakan mulai dari buah, sayur, kue, kopi, sandwich hingga pernak pernik unik yang sayang untuk dilewatkan. Pasar ini buka setiap hari dari pukul 7 am – 5 pm (Shamblesmarket.com).

WhatsApp Image 2018-05-02 at 13.01.58

Shambles Market, York

Alternatif lain, kita bisa berkunjung ke salah satu museum yang menjadi andalan York namun kali ini tanpa biaya masuk alias gratis yakni National Railway Museum. Awalnya, saya berpikir tidak akan banyak waktu yang bisa dihabiskan di sana, namun nyatanya alokasi waktu sejam terhitung kurang.

Banyak hal menarik untuk dilihat selain juga area museum yang cukup luas membuat kita membutuhkan waktu untuk berpindah dari satu area ke area lainnya. Bagian yang paling menarik minat saya selain area Great Hall adalah Station Hall. Dengan tampilan khas stasiun-stasiun kereta api di UK, koleksi gerbong yang pernah digunakan keluarga dan staff kerajaan hingga tersedianya area kafetaria di bagian tengahnya. Suasana yang kental dengan nuansa Britania Raya membuat ruangan ini langsung menjadi favorit saya dari keseluruhan area museum.

 

WhatsApp Image 2018-05-02 at 13.02.04

Station Hall, National Railway Museum, York

 

Karena pusat kotanya yang terhitung kecil maka akan banyak waktu untuk bersantai dan menikmati keindahan kota dengan duduk santai disalah satu coffee shop. Saran saya, jika berkunjung di musim semi atau panas, sebaiknya manfaatkan cuaca yang cukup hangat (meski tentu tidak ada yang menjamin suhu udara di UK), untuk menyesap segelas kopi atau teh atau hanya duduk di sepanjang kanal yang membentang di tengah kota York.

WhatsApp Image 2018-05-02 at 13.02.02 (1)

Saya pribadi sangat menikmati momen tersebut. Ada titik di mana riuh rendah kota berpadu dengan ketenangan pemandangan yang indah membawa kesenangan yang tidak terkatakan. Relaksasi sederhana dan tidak menuntut banyak energi. Bahkan bisa dilakukan seorang diri.

 

WhatsApp Image 2018-05-02 at 13.02.00

York Minster

 

Jika saya memang hanya akan berkunjung ke York biasanya sampai di York pukul 11.00 am dan kembali ke Leeds pukul 17.00 pm sudah lebih dari cukup.

Namun, ada satu tempat lagi yang menjadi incaran para mahasiswa ketika berkunjung ke York yakni York Designer Outlet. Tempat ini menawarkan pilihan brand ternama dengan harga miring sebut saja Fossil, Marks & Spencer, GAP, Next dan Ted Baker. Untuk mencapai York DO maka sebaiknya lakukan saat sampai di York.

Hal tersebut bisa ditempuh dengan menggunakan bus dari halte disebrang stasiun. Bus bernomor 7 dengan tujuan York Designer Outlet adalah pilihan utama. Apabila mengunjungi York saat akhir pekan dan bersama teman-teman, maka sebaiknya membeli tiket bus group seharga £5 untuk 5 orang dan sudah bisa digunakan sebagai tiket pergi-pulang. Namun jika berkunjung seorang diri atau di hari kerja maka tiket pp sekitar £3,10. Harga tiket ini khusus pp ke DO, sebab jika harga tiket harian pp yang berlaku untuk sekitar kota York sekitar £4,20 (getdown.org.uk).

Namun jika hanya ingin menikmati cantiknya kota York, biasanya saya berjalan kaki sepanjang hari. Hal ini karena semua tempat menarik berada dalam jarak yang berdekatan dan tentunya bisa menghemat biaya transportasi.

Saran saya, jika ingin berkunjung ke DO maka sebaiknya sampai di York lebih pagi mungkin sekitar pukul 9.00 – 10.00 am lalu habiskan waktu hingga pukul 3.00 – 4.00 pm di DO dan kembali ke York untuk jalan-jalan di dalam kota sebelum kembali dengan kereta pukul 8.00 – 9.00 pm. Tapi apabila memiliki banyak waktu untuk kembali ke York lagi, ada baiknya memisahkan hari berkunjung ke DO dan mengitari kota York demi menghindari ketergesaan.

Pesan penting: Bagi siapapun yang menikmati coklat sebagaimana saya menikmatinya, maka berkunjunglah ke York dan beli coklatnya!

WhatsApp Image 2018-05-02 at 13.02.02

References:

BBC UK. 2017. York’s Real Life Diagon Alley Popular with Potter Fans. [Online]. [Accessed 2nd May 2018]. Available from: http://www.bbc.co.uk/news/av/uk-england-york-north-yorkshire-42240392/york-s-real-life-diagon-alley-popular-with-potter-fans.

Get Down. Bus Services in York. [Online]. [Accessed 2nd May 2018]. Available from: http://getdown.org.uk/bus/bus/7.htm.

Shambles Market. Shambles Market About. [Online]. [Accessed 2nd May 2018]. Available from: http://www.shamblesmarket.com.

YorkMix. 2014. 14 Tooth-Achingly Sweet Facts about York and Chocolate. [Online]. [Accessed 2nd May 2018]. Available from: https://www.yorkmix.com/food-drink/fourteen-york-chocolate-facts/.

York’s Chocolate Story. York – The Chocolate City. [Online]. [Accessed 2nd May 2018]. Available from: https://www.yorkschocolatestory.com/the-story/york-the-chocolate-city/.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s